..

Prinsip-Prinsip Pengembangan Strategi Pembelajaran Biologi


Prinsip-prinsip umum yang perlu dipertimbangkan untuk pengembangan strategi pembelajaran biologi diangkat dari “prinsip-prinsip pelaksanaan kurikulum” yang diisyaratkan dalam Permen Diknas RI Nomor 22 Tahun 2006. Prinsip-prinsip yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik. Peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
  2. Pembelajaran dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu berbuat secaraefektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  3. Pelaksanaan pembelajaran memungkinkan peserta didik mendapat pelayananyang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikanketerpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
  4. Pembelajaran dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat,dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada.
  5. Pembelajaran biologi dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alamtakambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang dimasyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikansumber belajar, contoh dan teladan).
  6. Pembelajaran biologi dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam,sosial dan budaya serta kekayaan daerah.

Pengembangan strategi pembelajaran biologi sedapat mungkin dapat memenuhi karakteritik pembelajaran biologi yang dijadikan “Latar Belakang Pendidikan Biologi”
untuk mengembangkan Standar Kompetensi danKompetensi Dasar Mata Pelajaran Biologi”, yang dituangkan pada lampiran Permen Diknas RI Nomor 22 Tahun 2006. Berdasarkan latar belakang pendidikan biologi yang dimaksud, prinsip-prinsip khusus pengembangan strategi pembelajaran biologi adalah sebagai berikut :
  1. Strategi pembelajaran biologi sedapat mungkin menjadikan siswa tidak hanya menguasai kumpulan pengetahuan, tetapi juga harus mengalami proses penemuan.
  2. Strategi pembelajaran biologi memfasilitasi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Proses pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.
  4. Pembelajaran biologi dilaksanakan dengan ilmiah
  5. Pembelajaran biologi dikembangkan agar siswa mempu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment