..

PREDIKSI SOAL DAN JAWABAN UJIAN AAMAI ONLINE AAAIK SUBJEK K.651210.103.01

1. Dalam kaitan dengan manajemen sumber daya manusia, uraikan 4 metode pelatihan.
 Jawab :
  1. On The Job Training: Dilakukan di tempat kerja, misalnya menunjukkan bagaimana seseorang melakukan tugas dan kemudian mengawasi mereka sampai mereka mahir.
  2. Out The Job Training: Dilakukan jauh dari tempat kerja, misalnya kelas pelatihan, kursus internal perusahaan atau lokakarya, dan kursus eksternal yang dilakukan jauh dari tempat kerja.
  3. Belajar Terbuka: Pendekatan self-pelatihan terstruktur memanfaatkan materi pelatihan dan buku.
  4. Pelatihan Berbasis Komputer (CBT): Melibatkan komputer PC dengan CD-ROM dengan program pelatihan yang disiapkan.
2. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, uraikan 3 (tiga) komponen manpower plan. 
Jawab :
  1. Manpower plan: adalah cara untuk memastikan jumlah dan dan kompetensi sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuan
  2. Succession Plan: memastikan keberlangsungan dan pertumbuhan pada manajemen bisnis dengan mamastikan bahwa suksesi di masa depan untuk posisi - posisi penting/kunci diidentifikasi dan dipersiapkan.

3. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen keuangan, uraikan apa yang dimaksud dengan Top-down Budgeting. 

Jawab :

Beberapa organisasi menggunakan pendekatan top down untuk mengatur penganggaran. Para pemilik perusahaan atau para direksi memutuskan rencana individu untuk masingmasing departemen dan fungsinya dan rencana ini diberikan kepada para manajer untuk mengimplementasikannya.

4. Dalam kaitan dengan prinsip tata kelola perusahaan, uraikan 5 elemen yang tercakup dalam tatakelola perusahaan yang baik sebagaimana diatur dalam POJK No. 73/pojk.05/2016. 

Jawab :

POJK No. 73/POJK.05/2016 Pasal 2 ayat (2) yaitu:

  1. keterbukaan (transparency), yaitu keterbukaan dalam proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam pengungkapan dan penyediaan informasi yangrelevan mengenai Perusahaan Perasuransian, yang mudah diakses oleh Pemangku Kepentingan
  2. akuntabilitas (accountability), yaitu kejelasan fungsi dan pelaksanaan pertanggungjawaban Organ Perusahaan Perasuransian sehingga kinerja Perusahaan Perasuransian, dapat berjalan secara transparan, wajar, efektif, dan efisien
  3. pertanggungjawaban (responsibility), yaitu kesesuaian pengelolaan Perusahaan Perasuransian dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perasuransian dan nilai-nilai etika serta standar, prinsip, dan praktik penyelenggaraan Usaha Perasuransian yang sehat
  4. kemandirian (independency), yaitu keadaan Perusahaan Perasuransian yang dikelola secara mandiri dan profesional serta bebas dari Benturan Kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun
  5. kesetaraan dan kewajaran (fairness), yaitu kesetaraan, keseimbangan, dan keadilan di dalam memenuhi hak-hak Pemangku Kepentingan yang timbul berdasarkan perjanjian, ketentuan peraturan perundang-undangan.

5. Dalam kaitan dengan penetapan Key Performance Indicator, sebutkan 4 (empat) contoh alat ukur yang bersifat result-oriented. 

Jawab :

  1. Volume penjualan atau penghasilan
  2. Tingkat pengembalian/hasil investasi
  3. Besar pangsa pasar
  4. Pertumbuhan jumlah aset.

6. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen keuangan, uraikan apa yang dimaksud dengan Zero Based Budgeting. 

Jawab :

Metode zero based budgeting ini bergantung pada para manajer untuk pembiayaan dari sudut yang lebih fresh. Lebih dari pada melihat pada jumlah biaya yang telah dianggarkan untuk masing-masing item pada periode anggaran sebelumnya. ZBB mengharuskan para manajer untuk memulai dari nol.

7. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen dalam bisnis asuransi, sebutkan 5 (lima) tanggung jawab board of directors. 

Jawab :

  1. Mengawasi direktur eksekutif dan senior manajemen lainnya untuk memastikan bahwa kepentingan pemilik perusahaan dan ketentuan pemerintah yang mengatur bisnis dipenuhi.
  2. Menyetujui laporan, anggaran tahunan, strategi dn perncanaan lainnya.
  3. Memilih, menilai dan memberkan penghargan kepada CEO dan menjamin suksesnya perecanaan.
  4. Mengawasi proses asesmen risiko dan menjamin kebutuhan tindakan untuk mitigasi. 
  5. Menjamin bahwa integritas dan prinsip perusahaan dipertahankan.

8. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, jelaskan 5 (lima) elemen promosi termasuk keuntungan dan kelemahannya.

Jawab :

  1. Advertising: cakupan luas, biaya tidak mahal, kelebihannya pesan bisa dikontrol, kelemahannya hasilnya sulit diukur
  2. Personal selling: cakupan personal, biaya mahal, kelebihan fleksibel dan langsung diketahui hasilnya, kelemahan sangat mahal
  3. Sales promotion: cakupan luas, biaya bisa mahal, kelebihan menarik perhatian dan hasil dapat dilihat segera, kelemahan mudah ditiru
  4. Public relations: cakupan luas, biaya murah, kelebihan sangat bisa dipercaya, kelemahan tidak bisa dikontrol
  5. Direct marketing: cakupan bisa luas dan personal, biaya relatif tidak mahal, kelebihan konsisten, kelemahan tidak bisa dikontrol.

9. Dalam kaitan dengan pencadangan klaim, jelaskan 3 (tiga) komponen yang diperhitungkan sebagai cadangan klaim pada perusahaan asuransi sebagaimana diatur dalam POJK No. 1/POJK.05/2018.

Jawab :

 POJK No. 1/POJK.05/2018 pasal 19 ayat (6) yaitu:

  1. Cadangan klaim dalam proses penyelesaian;
  2. Cadangan klaim yang sudah terjadi namun belum dilaporkan (incurred but not reported atau IBNR);
  3. Cadangan klaim atas klaim yang telah disetujui dan pembayaran manfaatnya tidak sekaligus.

10. Dalam kaitan dengan konsep tata kelola perusahaan, uraikan apa yang dimaksud dengan stakeholder dan sebutkan 5 stakeholder utama pada perusahaan asuransi.

    Jawab :

Stakeholeder adalah orang atau sekelompok orang yang memiliki kepentingan terhadap tindakan/aktivitas perusahaan.
Stakeholder utama dalam perusahaan asuransi adalah:

  1. pelanggan,
  2. pemegena saham,
  3. pemerintah,
  4. masyarakat dan
  5. karyawan.

11. Terkait dengan manajemen akuntansi, uraikan 4 (empat) peran auditor. 

Jawab :
Untuk memastikan bahwa:

  1. laporan keuangan benar dan jelas serta sesuai dengan ketentuan dan aturan berlaku
  2. informasi yang diberikan dalam laporan direksi sesuai dengan pembukuan yang ada
  3. bagian laporan terkait remunerasi direksi sesuai dengan perundang-undangan
  4. perusahaan telah menyimpan laporan pembukuan dengan benar.

12. Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi, uraikan 3 (tiga) kategori current assets. 

Jawab :

  1. Cash and cash equivalents : disini adalah tunai ditangan dan kas yang dimiliki dalam rekening bank termasuk deposito yang dimiliki sampai dengan 3 bulan dari tanggal neraca.
  2. Stock : dalam banyak kasus ada 3 jenis stok yang berbeda dari stok yang dimiliki oleh perusahaan. Yang pertama adalah bahan mentah, berikutnya adalah barang dalam proses, dan akhirnya ada barang jadi.
  3. Debtors : debtor adalah cutomer yang berhutang uang perusahaan. Mereka diangkat ketika barang atau jasa telah dijual secara kredit. Debtor dianggap akan menjadi item dari harta benda pada neraca sejak customer meminjam uang kepada perusahaan dan perkiraan untuk membayar.

13. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, sebutkan 5 (lima) perencanaan pasar (Market Planning) agar perusahaan tetap bertahan di suatu pasar yang dituju. 

Jawab :

Jawaban yang disarankan (5 dari 7 berikut):

  1. Penetapan dan alokasi tanggungjawab
  2. Target penjualan untuk setiap area atau kantor cabang 
  3. Anggaran yang tersedia 
  4. Ketersediaan barang pada saat pembukaan
  5. Waktu yang diperlukan untuk melakukan suatu proses (misalnya pengadaan barang)
  6. Evaluasi realisasi penjualan dibandingkan target 
  7. Kesiapan untuk menangani keluhan pelanggan dan kebijakan.

14. Dalam kaitan dengan konsep pertumbuhan perusahaan, uraikan 2 kelemahan organic growth dan 4 kelemahan unorganic growth.

Jawab :

Kekurangan organic growth:

  1. Membutuhkan lebih banyak waktu untuk tumbuh karena membutuhkan membutuhkan resources yang cukup untuk melakukan pertumbuhan
  2. Lebih beresiko karena bisnis perlu menanggung biaya untuk keseluruhan risiko sendiri, termasuk potensi timbulnya kerugian dari bisnis yang baru dikembangkan dan mengganggun profitability perusahaan secara keseluruhan

Kekurangan unorganic growth:

  1. Mengurangi pilihan pelanggan karena berkurang jumlah perusahaan yang tersedia
  2. Menimbulkan pengurangan karyawan dan biaya terkait yang dapat menurunkan morale karyawan
  3. Kemungkinan terjadinya bentrokan budaya perusahaan (corporate culture) yang bisa mengganggu kinerja
  4. Proses penyatuan menghabiskan banyak energi dan berpotensi mengganggu operasional perusahaan
  5. Memungkinkan terganggunya (peurunan) pelayanan terhadap pelanggan pada saat perubahan proses dilakukan 6. Penghematan yang diharapkan dengan adanya M&A tidak benar-benar terjadi.

15. Sehubungan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, uraikan 4 (empat) proses penilaian karyawan.

Jawab :

  1. Menilai kemampuan individu (assessing the individual performance): perincian tugas biasanya digunakan pada saat memutuskan batas tanggung jawab apakah yang telah dipenuhi,dilampaui atau jatuhnya kurang dari standar yang diminta.
  2. Persetujuan penilaian (agreeing the assestment) : tahap berikutnya adalah memberikan kesempatan untuk diskusi dan umpan balik kepada individu tentang kemampuan mereka dan biasanya hal ini dilakukan pada wawancara penilaian.
  3. Kebutuhan mengidentifikasi pelatihan dan pengembangan (identifying training and development needs) : pelatihan dan pengembangan individu perlu diketahui dan aspek ini tidak hanya dikonsentrasikan pada ketrampilan tapi juga ada persiapan pribadi untuk tugas yang lebih penting dimasa yang akan datang.
  4. Menyusun tujuan yang akan dicapai (setting objectives) : setelah tiga tahapan pertama selesai, orang yang menilai dan orang yang sedang dinilai seharusnya setuju pada tujuan realistis yang akan dicapai pada saat review berikutnya.

16. Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 4 (empat) laporan keuangan sesuai IFRS.

Jawab :

  1. A balance sheet, yaitu potret asset dan kewajiban perusahaan pada tanggal tertentu  
  2. Income statement, laporan yang menunjukkan berapa keuntungan atau kerugian yang dialami oleh perusahaan pada tahun sebelumnya  
  3. A cash flow statetment, laporan yang memuat keluar masuknya dana yang terjadi sepanjang tahun pada tahun sebelumya. Juga menunjukkan net cash flow untuk tahun tersebut.  
  4. Notes (catatan), termasuk rangkuman dari kebijakan akuntansi yang signifikan.

17. Berkaitan dengan pengtingnya pelanggan bagi perusahaan, uraikan kegunaan customer satisfaction survey.

Jawab :

Kebutuhan dan permintaan pelanggan berkembang dan bisa berubah seiring berjalannya waktu. Untuk menjaga agar perusahaan tidak ditinggalkan oleh pelanggan, maka perusahaan perlu mengetahu apa yang diharapkan oleh pelanggan. Customer satisfaction survey merupakan cara perusahaan untuk secara regular mengetahui apa yang dirasakan atau persepsi pelanggan terhadap produk dan jasa yang disediakan/diberikan olerh perusahaan. Bedasarkan masukan dari pelanggan tersebut, kemudian dilakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

18. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, uraikan 4 (empat) sumber data eksternal yang digunakan perusahaan dalam proses riset pasar.

Jawab :

Data eksternal yang dapat digunakan biasanya berupa laporan hasil survey dari industry atau organisasi lain seperti:

  1. Government departments;
  2. Trade associations;
  3. Commercial researchers;
  4. Trade publication.

19. Dalam kaitan dengan konsep pemasaran, uraikan 5 tahapan pada product cyle.

Jawab :

  1. Pengembangan: dimana dana digunakan untuk melakukan riset pasar, pembuatandan testing produk. Pada tahap ini tidak ada pemasukan, hanya pengeluaran 
  2. Pengenalan: tahap dimana produk dan jasa diperkenalkan ke pasar. Pada tahap ini penjualan masih rendah karena distributor maupun konsumen masih mempertimbangkan apakah akan membeli produk atau tidak 
  3. Pertumbuhan: tahap dimana pasar sudah menerima produk yang baru dan terjadi peningkatan penjualan yang signifikan 
  4. Maturity: tahap dimana sudah timbul pesaing yang menawarkan produk yang sama sehingga dibutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk mepertahankan pasar sehingga menekan profit 
  5. Decline: tahap dimana penjualan mulai menurun, yang biasanya disebabkan oleh munculnya produk baru dengan teknologi yang baru atau lebih baik atau dengan harga yang lebih murah atau juga akibat perubahan minat pelanggan.

20. Dalam kaitan dengan Key performance indicators, uraikan 4 (empat) elemen yang terdapat dalam balanced scorecards.

Jawab :

Perusahaan perlu dikelola dengan sederetan alat ukur dan performance indicator dan munculnya pendekatan baru yang mendukung dilakukannya pengukuran tujuan bisnis dalam cakupan yang lebih luas. Balanced scorecard merupakan alat ukur performance perusahaan dengan melihat pada aktivitasnya dari 4 (empat) perpektif, yaitu :

  1. Perspektif keuangan,
  2. Perspektif internal,
  3. Perspektif pelanggan,
  4. Pengetahuan dan pertumbuhan (learning and growth).

21. Dalam kaitan dengan manajemen informasi, uraikan 3 tingkatan informasi dalam organisasi.

Jawab :

  1. Informasi Strategis: Digunakan oleh manajer senior untuk merencanakan tujuan organisasi mereka dan untuk menilai apakah tujuan dipenuhi dalam praktek 
  2. Informasi Taktis: Digunakan oleh manajemen menengah untuk memastikan bahwa sumber daya bisnis bekerja (dan efisiensi dan efektivitas penggunaannya dipantau) untuk mencapai tujuan strategis organisasi 
  3. Informasi Operasional: Digunakan oleh lini depan manajer seperti supervisor untuk memastikan bahwa tugas-tugas tertentu yang direncanakan dan dilaksanakan dengan baik.

22. Dalam kaitan dengan prinsip tatakelola perusahaan, uraikan tugas Kepala Aktuaria (Chief Actuary).

Jawab :

  1. Menentukan technical pricing untuk produk baru dan porduk existing
  2. Menghitung/menentukan cadangan klaim
  3. Menghitung risk based capital requirements
  4. Melakukan asesmen terhadap risiko investasi atas dana yang digunakan untuk mensupport cadangan teknis.

23. Dalam kaitan dengan penetapan Key Performance Indicator, sebutkan 5 contoh alat ukur yang bersifat effort oriented.

Jawab :

Jawaban yang disarankan (5 dari 6 berikut) :

  1. Jumlah calon pelanggan yang dihubungi
  2. Jumlah keluhan pelanggan yang ditangani c. Kedekatan hubungan dengan pelanggan
  3. Upaya yang dilakukan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan
  4. Tingkat kehadiran dan pergantian (turnover) staff
  5. Seberapa aktif menghubungi pelanggan untuk melakukan penagihan.

24. Sehubungan dengan struktur bisnis asuransi, uraikan pengertian Organic Growth dan Non Organic Growth dari suatu perusahaan asuransi.

Jawab :

Organic growth adalah dimana perusahaan berkembang dan diperluas dengan peningkatan penjualan, pendapatan dan hasil produksinya melalui usaha, aktifitas dan upaya yang ada sekarang, dan bukan melalui merjer dan akuisisi.
Organic growth hanya dapat dicapai jika perusahaan memiliki dana yang cukup untuk melakukan expansi bisnis.  

Non Organic growth adalah keadaan dimana perusahan melakukan aktifitas korporasi dalam bentuk merger dengan atau akuisisi perusahaan lain dengan tujuan untuk menumbuhkan bisnis secara cepat.

25. Dalam kaitan dengan manajemen informasi, uraikan 6 prinsip penggunaan data pribadi.

Jawab :

  1. Informasi yang dimuat dalam data pribadi harus diperoleh, dan diproses secara adil dan sah
  2. Hanya dapat dimintai untuk tujuan tertentu yang sah
  3. Data untuk tujuan tertentu tidak boleh digunakan atau diungkapkan dengan cara apapun yang tidak sesuai dengan tujuan tersebut
  4. Data pribadi yang dibuat untuk satu tujuan atau beberapa tujuan harus memadai, relevan, dan tidak berlebihan dalam kaitannya dengan tujuan tersebut
  5. Harus akurat dan, jika perlu, terus up to date
  6. Tidak akan disimpan lebih lama dari yang diperlukan untuk tujuan tersebut.
  7. Langkah-langkah keamanan yang tepat harus diambil terhadap pengakses, perubahan, pengungkapan, penghancuran data pribadi dan terhadap kehilangan atau kerusakan data pribadi yang tidak sah.

26. Dalam kaitannya dengan manajemen pemasaran, uraikan apa yang dimaksud dengan marketing mix.

Jawab :

Konsep bauran pemasaran (marketing mix) adalah pusat dari seluruh konsep pemasaran. Bentuk ini digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari variabel pemasaran yang dapat dikendalikan. Bauran pemasaran untuk barang dan jasa terdiri dari :

  • product : produk dan jasa yang ditawarkan,
  • price : harga barang atau jasa yang ditawarkan,
  • promotion : program komunikasi yang tergabung dalam pemasaran produk dan jasa,
  • place : distribusi dan logistik termasuk dalam membuat produk dan jasa yang tersedia,
  • people : karena manusia merupakan elemen penting dalam produksi dan jasa pengiriman, kualitas layanan sebagian besar ditetapkan oleh kualitas dan tingkah laku dari staf perusahaan,
  • process : prosedur, rutinitas dan kebijakan yang digunakan untuk menyampaikan layanan kepada pelanggan memutuskan bagaimana “customer friendly” suatu perusahaan akan menyadarinya.

27. Berkaitan dengan prinsip tatakelola teknologi informasi, uraikan 3 hal yang tercakup dalam system tatakelola teknologi informasi sebagaimana diatur dalam POJK NO. 73/pojk.05/2016.

Jawab :

POJK NO. 73/POJK.05/2016 Pasal 65 ayat (2) yaitu:

  1. struktur organisasi sistem informasi;
  2. pedoman penggunaan sistem informasi yang dilengkapi dengan instruksi atau perintah kerja untuk setiap fungsi (standard operating prosedure); dan
  3. pedoman manajemen pengamanan data dan pedoman manajemen insiden (disaster recovery plan).

28. Dalam kaitan dengan implementasi good corporate governance, uraikan 5 fungsi internal audit.

Jawab :

  1. Memastikan tersedianya fungsi kontrol internal yang baik dengan mereview bagaimana perusahaan mengindentifikasi dana mengelola risiko 
  2. Melakukan review terhadap laporan manajemen untuk memastikan bahwa laporan tersebut sesuai dengan kondisi yang ada 
  3. Memastikan bahwa Direksi mengetahui perkembangan yang terjadi dalam hal akuntansi dan audut, misalnya standar akuntasi internasional 
  4. Berkomunikasi dengan external auditor dan memastikan adanya kesamaan pendekatan dalam melakukan pekerjaan 
  5. Memastikan bahwa manajemen mendapatkan komunikasi dan informasi akurat yang diperlukan dari external auditor.

29. Dalam kaitan dengan prinsip tata kelola perusahaan, sebutkan 6 tugas aktuaris sebagaimana diatur dalam POJK No. 69/pojk.05/2016.

Jawab :

POJK No. 69/POJK.05/2016 Pasal 44 ayat (1) yaitu :

  1. Memastikan kualitas data statistik perusahaan
  2. Melakukan evaluasi atas tingkan kesehatan keuangan dan kecukupan modal perusahaan
  3. Merancang produk asuransi termasuk menentukan tarif premi dan profitabilitas produk asuransi
  4. Melaukan perhitungan cadangan teknis perusahaan asuransi
  5. Turut serta dalam penerapan manajemen risiko di perusahaan
  6. Melakukan evaluasi atas aspek aktuaria dalam proses reasuransi perusahaan
  7. Menyususn perkiraan kemampuan perusahaan asuransi untuk memenuhi kewajiban di masa depan 
  8. Tugas dan tanggungjawab lain yang ditetapkan oleh perusahaan.

30    Dalam kaitan dengan fungsi manajemen keuangan, jelaskan 5 (lima) kategori standard ratios.

Jawab :

  1. Profitability ratio: terdiri dari gross profit percentage ratio, net profit percentage ratio dan return on capital employed ratio
  2. Productivity Ratio: perbandingan input dan output tetapi tidak menggunakan uang sebagai alat ukur
  3. Liquidity ratio: menggambarka kemampuan perusahaan membayar kewajiban
  4. Activity ratio: membandingkan beberapa aspek dalam perusahaan (biasanya penjualan atau pembelian) dengan bagian terkait dalam balance sheet
  5. Gearing ratio: menggambarkan pinjaman sebagai persentasi dari ekuitas pemegang saham. Semakin tinggi rationya semakin besar ketergantungan perusahaan terhadap hutang.

31. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, jelaskan 5 (lima) langkah proses penerimaan karyawan (recruitment).

Jawab :

  1. Job analysis: untuk menetapkan dengan jelas spesifikasi, karakteristik, skill, kompetensi, kualifikasi dan experience yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan benar
  2. Advertising the vacancy: diperlukan untuk menarik minat calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan
  3. Preparing the shortlist: melakukan seleksi awal bagi calon karyawan untuk menetapkan siapa yang akan diproses lebih lanjut
  4. Review peralatan asesmen yang akan digunakan seperti interview, reference check, personality test, dll
  5. Menetapkan peralatan asesmen yang sesuai dengan posisi yang akan diisi.

32. Dalam kaitan dengan metode penjualan produk asuransi, uraikan apa yang dimaksud dengan brandassurance.

Jawab :
Brandassurance adalah model distribusi produk asuransi dimana perusahaan yang mendistribusikan produk menjual produk dengan menggunakan merek dagang mereka tetapi produk tersebut merupakan produk perusahaan asuransi. Produk seperti ini sering juga disebut produk white label.

33. Dalam kaitan dengan pendelegasian wewenang, uraikan 4 manfaat pendelegasian otoritas bagi perusahaan asuransi.

Jawab :

  1. Mendapatkan akses ke bisnis yang biasanya mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengakses
  2. Dapat memperoleh bisnis di beberapa bagian dunia sekalipun ia tidak memiliki kantor;
  3. Mendapatkan manfaat dari keahlian dan pengetahuan lokal, yang mungkin tidak mereka miliki;
  4. Memperoleh pendapatan dengan biaya rendah dan tanpa biaya dan risiko dalam membangun cabang atau mempekerjakan underwriter untuk mendapatkan bisnis.

34. Dalam kaitan dengan konsep dan tata kelola perusahaan, uraikan pengertian corporate governance.

Jawab :
Corporate governance atau tata kelola perusahaan adalah cakupan aturan bisnis secara luas dan bertujuan untuk melindungi kepentingannya, dibagi dalam 3 (tiga) kelompok utama yang mengambil bagian dalam lingkup bisnis.
a. Konsumen (consumers)
b. Negara (the State)
c. Perusahaan komersil (commercial enterprises).

35. Dalam kaitan dengan pendelegasian wewenang, uraikan apa yang dimaksud dengan coverholder dan binding authority.

Jawab :
Coverholder adalah istilah yang diberikan kepada pihak yang menerima pendelegasian wewenang.
Binding authority adalah perjanjian kerjasama antara pemberi dan penerima pendelegasian wewenang yang memuat cakupan kewenangan yang diberikan kepada coverholder.
Cakupan kewenangan ini dapat meliputi akseptasi bisnis hingga penerbitan polis dan penanganan klaim.

36. Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, uraikan apa yang dimaksud dengan non current asset dan uraikan apa yang dimaksud dengan goodwill, sebagai salah satu kategori yang termasuk dalam non current assets.

Jawab :
Non current assets adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang oleh perusahaan direncanakan akan disimpan untuk periode lebih dari 1 tahun.
Goodwill adalah selisih antara biaya yang dikeluarkan untuk mengakuisisi bisnis dengan nilai netto aset bisnis tersebut pada saat akuisisi dilakukan.."

37. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen keuangan, uraikan 3 (tiga) jenis aktivitas yang menjadi sumber cash flow perusahaan.

Jawab :

  1. Sebagai hasil dari aktivitas usaha yang dijalankan
  2. Hasil dari aktivitas penempatan modal dan
  3. Hasil dari ktivitas pendanaan/pembiayaan.

38. Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 3 (tiga) kategori liabilitas lancar sebagaimana diatur dalam POJK No. 1/POJK.05/2018.

Jawab :

POJK No. 1/POJK.05/2018 Pasal 36 ayat (1) yaitu:
a. Cadangan teknis, meliputi:

  1. Cadangan premi untuk polis yang mungkin akan terjadi klaim dalam jangka waktu paling lama 1 tahun;
  2. Cadangan atas premi yang belum merupakan pendapatan untuk produk yang berjangka waktu sampai dengan 1 tahun; dan
  3. Cadangan klaim; dan 

b. Liabilitas lainnya yang akan dibayarkan dan mungkin akan dibayarkan dalam jangka waktu paling lama 1 tahun.

39. Dalam kaitan dengan konsep pertumbuhan perusahaan, uraikan 5 kelebihan unorganic growth.

Jawab :

Jawaban yang disarankan (5 dari 7 berikut):

  1. Dapat mengalami pertumbuhan yang lebih cepat karena mendapat akses terhadap kanal distribusi atau pasar yang baru 
  2. Perusahaan dapat memenangkan persaingan di pasar dengan cara membeli kompetitor
  3. Meningkatkan efisiensi karena menghilangkan duplikasi dan meningkatkan performance dengan menurunkan unit costs 
  4. Menghindari pengeluaran biaya yang besar untuk IT karena konsep sinergi (sharing of resources)
  5. Menciptakan peluang investasi dari spare capital perusahaan 6. Mendapatkan keterampilan baru atau memasuki pasar baru tanpa harus melakukan pengembangan sendiri.

40    Dalam kaitan dengan manajemen sumber daya manusia, uraikan perbedaan antara reward yang bersifat extrinsic dengan intrinsic.
    "Jawab :
a. Balas jasa extrinsic (extrinsic reward) adalah balas jasa yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan dan tidak diperoleh dari kesenangan pribadi disini termasuk gaji dan upah, bonus, lembur, tunjangan hari raya dan pension.
b. Balas jasa intrinsic (intrinsic reward) adalah balas jasa yang diperoleh melalui kesengan pribadi dalam melakukan pekerjaannya dengan menggunakan ketrampilan pribadi secara penuh dalam menangani masalah dan pencapaian target."

41. Dalam kaitan dengan struktur bisnis asuransi, uraikan perbedaan antara Propietraty Company dan Mutual Company.

Jawab :

Proprietary Company Perusahaan yang memiliki modal dasar dan modal disetor yang ditempatkan oleh para pemegang saham dimana keuntungannya dirasakan oleh para pemegang saham.
Mutual Company Dibentuk oleh Akta Perjanjian (Deed of Settlement) atau pendaftaran berdasarkan Companies Act dan dimiliki oleh pemegang polis dimana keuntungannya dirasakan oleh pemegang polis dalam bentuk premi yang lebih rendah / bonus asuransi yang lebih tinggi namun tidak dapat menerbitkan saham.

42. Dalam kaitan dengan manajemen akuntansi, uraikan apa yang dimaksud dengan persamaan akuntansi (accounting equations).

Jawab :

Dalam menjalankan usaha diperlukan asset berupa : uang tunai, persediaan, inventaris kantor dan peralatan computer, kendaraan, bangunan dan tanah, seseorang harus membayar atas asset- asset tersebut drengan asumsi bahwa semua dimiliki oleh perusahaan dan didanai dari sumber tertentu. Umumnya pemilik perusahaan menyediakan dana awal yang diperlukan dalam memulai usaha baik yang berasal dari dana pribadi maupun dari pinjaman bank.
Hubungan yang dimiliki antara usaha/asset dengan dana yang digunakan untuk membelinya dikemukakan dalam persamaan akuntansi: - Aset = Modal + Kewajiban. Ketentuan akuntansi menyatakan bahwa persamaan harus seimbang (Balance).
Persamaan matematika dapat disusun kembali : - Modal = Aset – Kewajiban.

43. Dalam kaitan dengan proses pengambilan keputusan, uraikan apa yang dimaksud dengan pendekatan 5C.

Jawab :

  1. Cosider: tahap persiapan dimana masalah dipertimbangkan dan didefinisikan
  2. Consult: tahap dimana dilakukan inisiatif untuk melibatkan pihak-pihak yang terdampak
  3. Crunch: Memastikan bahwa sesuatu dilakukan
  4. Communicate: tahap dimana keputusan yang diambil dijelaskan apa dan mengapanya kepada staf
  5. Check: Kebutuhan untuk melihat kembali untuk memonitor hasil keputusan yang diambil.

44. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen dalam bisnis asuransi, uraikan 3 (tiga) management styles dan karakteristiknya.

Jawab :
Jawaban yang disarankan 3 dari 5 berikut :

  1. Open door : para manajer dapat dihubungi setiap saat oleh karyawannya.
  2. Autoctratic : control dan power ada pada seorang individu biasanya chief excecutive
  3. Paternalistic : perusahaan memandang karyawan dengan cara kebapakan, dan karyawan hormat kepada manajer perusahaan seperti anak terhadap orang tua.
  4. Militaristic/hierarchical : manajemen diatur dengan cara formal dengan pemisahaan tugas yang jelas.
  5. Democratic/consultative : keputusan diambil dengan referensi lebih dahulu dari sebanyak mungkin karyawan.

45. Dalam kaitan dengan metode penjualan produk asuransi, uraikan alasan suatu organisasi memilih untuk melakukan self insurance.

Jawab :

Self insured dilakukan karena memiliki kemampuan finansial yang besar untuk menanggung risiko yang mungkin timbul atau biaya yang diperlukan untuk menanggung sendiri risiko yang timbul lebih rendah daripada biaya yang dikeluarkan untuk membeli perlindungan asuransi. Ini bisa terjadi jika dalam pengalaman sebelumnya didapati bahwa klaim yang terjadi adalah jenis yang high frequency but low severity.

46. Dalam kaitan dengan management style dalam bisnis asuransi dan keuangan, uraikan 3 (tiga) model manajemen dan karakteristiknya.

Jawab :

Jawaban yang disarankan 3 dari 5 berikut:

  1. Open door : para manajer dapat dihubungi setiap saat oleh karyawannya.
  2. Autoctratic : control dan power ada pada seorang individu biasanya chief excecutive
  3. Paternalistic : perusahaan memandang karyawan dengan cara kebapakan, dan karyawan hormat kepada manajer perusahaan seperti anak terhadap orang tua.
  4. Militaristic/hierarchical : manajemen diatur dengan cara formal dengan pemisahaan tugas yang jelas.
  5. Democratic/consultative : keputusan diambil dengan referensi lebih dahulu dari sebanyak mungkin karyawan.

47. Dalam kaitan dengan manajemen akuntansi dan keuangan, uraikan 5 keuntungan budgeting.

Jawab :

  1. Unification of effort: Penganggaran menyatukan (menyelaraskan) semua aktivitas karyawan dalam organisasi 
  2. Planning: Penganggaran mendorong dibuatnya perencanaan 
  3. Motivation: Penganggaran meingkatkan motivasi karena setiap orang dalam organisasi memiliki target unntuk dicapai 
  4. Control: Penganggaran memungkinakan dilakukannya pengukuran pencapaian setiap unit dibandingkan yang ditargetkan 
  5. Financial awareness: Penganggaran membuat setiap orang dalam organisasi menyadari pentinganya biaya/pengeluaran dan pencapaian akan diukur secara finansial 
  6. Basis of comparison: Penganggaran memungkinkan adanya alat ukur dan dasar penetapan performansi yang sama untuk seluruh unsur dalam organisasi.

48. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia, uraikan 2 komponen utama dari strategi sumber daya manusia.

Jawab :

  1. Supply (pasokan): tersedianya sumber daya yang dibutuhkan,
  2. Demand (kebutuhan): adanya kebutuhan sumber daya)
  3. Time (waktu):  waktu yang diperlukan untuk mengisi kebutuhan sumber daya.

49. Dalam kaitan dengan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 3 bentuk laporan keuangan perusahaan.

Jawab :

  1. Laporan Laba Rugi Menunjukkan hasil perusahaan sebagai konsekuensi dari transaksi selama periode akuntansi (menetapkan pendapatan, biaya, pajak, dan laba atau rugi).
  2. Neraca Laporan posisi keuangan dari bisnis pada periode akun atau tanggal akhir tahun. Berisi daftar seluruh aktiva dan kewajiban perusahaan - apa yang dimiliki dan apa yang berhutang.
  3. Laporan Arus Kas Laporan arus kas menunjukkan sumber dan penggunaan kas dan merupakan indikator yang berguna likuiditas perusahaan.

50. Dalam kaitan dengan Peran Direksi & Senior Executive Officer dalam Menjalankan Bisnis, uraikan 4 tanggungjawab utama seorang Manajer.

Jawab :

Untuk memelihara interaksi antara organisasi, karyawan dan pelanggan, manajer jasa keuangan melalui serangkaian tindakan manajemen berupa:

  1. Perencanaan: menetapkan rencana penggunaan sumberdaya, penetapan tugas dan tanggungjawab, waktu dan anggaran untuk mencapai sasaran yang ditetapkan 
  2. Organisasi: mengorganisasikan materi/bahan dan sumberdaya manusia agar dapat berfungsi optimal sehingga dapat mencapai tujuan pada waktu yang ditetapkan 
  3. Memimpin: memimpin bawahannya untuk melakukan tugas dan tanggungjawab secara akuntabel
  4. Controlling: setiap rencana perlu dikontrol dan manajerlah yang bertugas untuk memonitor dam mengevaluasi progressnya.

51. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen dalam bisnis asuransi, uraikan 3 (tiga) aspek budaya perusahaan dalam management style.

Jawab :

  1. Norma, yaitu perilaku yang diharapkan dalam organisasi, misalnya caara menyelesaikan masalah, bagaimna rapat dijalankan, waktu digunakan, cara berpakaian dll.
  2. Nilai yang dianut, misalnya menghargai setiap masukan dari karyawan, tidak melakukan uji coba produk ke binatang, mengutamakan kualitas, dll.
  3. Gaya kepemimpinan yang dijalankan, misalnya demokratis, bersifat hirarki, paternalistic, dll.

52. Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi, uraikan 2 (dua) kategori current liabilities.

Jawab :

  1. Bank overdraft : disini harus dibayar dalam 12 bulan. Bank umumnya mempunyai hak untuk mencairkan dengan pemberitahuan 24 jam sebelumnya.
  2. Trade creditors : sebagian besar bisnis mempunyai kredit perdagangan dalam neracanya sebagai currenct liability. Hal ini terjadi bila mereka telah mempunyai kerjasama baik dengan supplier namun mereka belum dapat membayar invoice dari supplier.

53. Dalam kaitan dengan jenis perusahaan asuransi, uraikan apa yang dimaksud dengan Captive Insurance Companies.

Jawab :

Captive insurance merupakan metode transfer risiko yang dapat menghemat pajak yang semakin banyak digunakan oleh perusahaan yang besar. Perusahaan induk membentuk anak perusahaan untuk menjadi penanggung risiko yang dapat dipertanggungkan. Keuntungan dari Captive insurance adalah perusahaan dapat membayar premi sesuai tingkat risiko dan performance dari perusahaan itu sendiri dan tidak harus membayar biaya ’overhead’ perusahaan asuransi serta dapat membayar premi yang lebih murah karena dapat secara langsung membeli proteksi reasuransi.

54. Sehubungan dengan dengan fungsi manajemen keuangan, uraikan 3 (tiga) profitability ratio.

Jawab :

  1. Gross profit percentage ratio (Persentase keuntungan bruto), yaitu (laba bruto/penjualan) x100%
  2. Net profit percentage ratio (Persentase keuntungan bersih), yaitu (laba bersih/penjualan) x100%
  3. Return on capital employed/ROCE (Pengembalian modal yang digunakan), yaitu (laba sebelum bunga dan pajak / share capital + cadangan + pinjaman) x 100%.

55. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, sebutkan 5 (lima) elemen penting dalam setiap komunikasi individu.

Jawab :

  1. Sumber (a source) : biasanya suatu organisasi
  2. Pesan (a massage) : biasanya informasi tentang produk dan layanan
  3. Alat perantara (a medium) : saluran komunikasi seperti : tv, radio, internet,publikasi, brosur, konferensi atau seminar
  4. Alat penerima (a receiver) : orang atau penerima bisnis komunikasi
  5. Reaksi/jawaban (a response) : suatu reaksi atau jawaban pada pesan.

56. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, sebutkan 5 (lima) tahapan dalam pengembangan produk baru.

Jawab :

  1. Market research (riset pasar)
  2. Product design (disain produk)
  3. Test the prototype (uji model dasar/awal)
  4. Make necessary amendments (membuat perubahan jika diperlukan)
  5. Commercial production (memulai produksi).

57. Dalam kaitannya dengan tipe penjual asuransi, uraikan apa yang dimaksud dengan aggregators.

Jawab :

Aggregators adalah jalur distribusi berbasis internet yang didasarkan pada kerja sama penanggung dan perantara sehingga dapat mengakses harga untuk risiko atau produk yang berbeda. Aggregator bertujuan untuk menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk mendapatkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi dengan mengisi beberapa pertanyaan dan dapat melakukan pembelian langsung ke perusahaan yang dipilh melalui tautan yang tersedia di website aggregator.

58. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, uraikan 2 (dua) kategori kebutuhan yang merupakan kekuatan dasar dalam menggerakkan manusia dan bisnis.

Jawab :

  1. Human needs, terbentuk dari elemen biologi dan psikologi dasar manusia. Kebutuhan bersifat dasar seperti makanan atau minuman yang diakibatkan oleh rasa haus atau lapar, atau untuk sesuatu yang lebih samar seperti penerimaan lingkungan atau rasa puas melakukan suatu kegiatan. 
  2. Organisational needs, terbentuk dari tujuan organisasi yang dapat mencakup pendanaan, peralatan, pengadaan, layanan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

59. Dalam kaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi keuangan, uraikan 3 (tiga) perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Jawab :

Jawaban yang disarankan 3 dari 6 yang berikut:

  1. Structur : akuntansi manajemen dapat diformulasikan dalam cara yang berbeda untuk berbagai tujuan, masing masing sesuai tujuannya. Bila dibandingkan dengan akuntansi keuangan pengaturannya lebih pada perhitungan akuntansi.
  2. Format : tidak seperti pada sistem akuntansi keuangan, sistem akuntansi manajemen tidak hanya berhubungan dengan uang, tapi juga termasuk sejumlah informasi non monetary seperti jam kerja buruh, jumlah bahan baku yang digunakan dalam proses dan listrik yang dikonsumsi oleh pabrik.
  3. Time periods : informasi akuntansi manajemen difokuskan pada masa yang akan dating yang berhubungan dengan forecasts, estimasi dan proyeksi.
  4. Regulation : akuntansi manajemen tidak mempunyai external regulatory constrains.
  5. Legal requirements to publish accounts : perusahaan tidak diwajibkan oleh hukum untuk menghasilkan management accounts, namun diwajibkan secra hukum untuk menghasilkan financial accounts.
  6. Audit requirements : perseroan terbatas diwajibkan oleh hukum untuk mengharuskan pembukuannya diaudit oleh auditor yang terdaftar.

60. Dalam kaitan dengan tata kelola perusahaan asuransi, uraikan 3 elemen yang harus dicakup dalam tata kelola teknologi informasi yang efektif sebagaimana diatur dalam POJK No. 73/POJK.05/2016.

Jawab :

POJK No. 73/POJK.05/2016 Pasal 65 ayat (2) yaitu : Tata kelola teknologi informasi yang efektif paling sedikit memuat:

  1. struktur organisasi sistem informasi;
  2. pedoman penggunaan sistem informasi yang dilengkapi dengan instruksi atau perintah kerja untuk setiap fungsi (standard operating prosedure); dan
  3. pedoman manajemen pengamanan data dan pedoman manajemen insiden (disaster recovery plan).


No comments:

Post a Comment