..

QA - SOAL UJIAN ONLINE AAMAI 103 PERIODE MARET 2021

 1. 
 
2. 
 
3. Dalam kaitan dengan penetapan KPI sebutkan 5 contoh alat ukur yang bersifat effort oriented
Jawaban :
Contoh mengenai pengukuran kinerja yang berorientasi pada usaha:
- Jumlah nasabah potensial yang dihubungi
- Jumlah penanganan keluhan
- perluasan hubungan nasabah
- Usaha yang diaplikasikan dalam memperbaiki hubungan Staf
- Turn Over Staf dan absence rate
- Penagihan secara aktif kepada debitur
 

 
4. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen pemasaran, sebutkan 5 elemen penting dalam setiap komunikasi individu
Jawaban :
Ada 5 unsur penting pada setiap komunikasi individu :
1) source : biasanya perusahaan/organisasi
2) message : biasanya informasi mengenai barang dan jasa.
3) Medium : saluran komunikasi tv,radio,internet, konferensi atau seminar.
4) reciever : seseorang atau bisnis yang menerima komunikasi.
5) respons : reaksi dari berita.
 
5. Sehubungan dengan struktur bisnis asuransi, uraikan pengertian organic growth dan non organic growth dari sebuah perusahaan asuransi
Jawaban :
- Organic growth adalah dimana perusahaan berkembang dan diperluas dengan peningkatan penjualan, pendapatan dan hasil produksinya melalui usaha, aktifitas dan upaya yang ada sekarang, dan bukan melalui merjer dan akuisisi. Organic growth hanya dapat dicapai jika perusahaan memiliki dana yang cukup untuk melakukan expansi bisnis.
- Non Organic growth adalah keadaan dimana perusahan melakukan aktifitas korporasi dalam bentuk merger dengan atau akuisisi perusahaan lain dengan tujuan untuk menumbuhkan bisnis secara cepat.
 
6. Dalam kaitan dengan management stye dalam bisnis asuransi dan keuangan uraikan 3 model management dan karakteristiknya
Jawaban :
1) Open door : para manajer dapat didekati oleh karyawan setiap saat.
2) Autocratic : kontrol dan power ada pada seorang individu biasanya chief executive.
3) Paternalistic : perusahaan melihat karyawannya dengan cara kebapakan, dan karyawan hormat kepada manajer perusahaan seperti anak terhadap orang tuanya.
4) Militaristic/hierarchical : manajemen diatur dengan cara yang formal dengan Pemisahan tugas yang jelas.
5) Democratic/consultative : keputusan diambil dengan referensi lebih dahulu dari sebanyak mungkin karyawan.
 
7. Dalam kaitan dengan manajemen akuntansi, uraikan apa yang dimaksud dengan persamaan akuntansi (accounting equation)
Jawaban :
  • Merupakan suatu hubungan korelasi mengenai bagaimana suatu harta (assets) didanai 
  • Dirumuskan dalam persamaan ==>  Assets = capital + liabilitis 
  • Persamaan ini harus selalu seimbang (balance) 
 
8. Dalam kaitan dengan fungsi management pemasaran, sebutkan 5 tahapan dalam pengembangan produk baru
Jawaban :
1. Penelitian pasar
2. Rancangan produk
3. Uji model yang pertama (prototype)
4. Melakukan penambahan yang dibutuhkan
5. Produksi secara komersial
 
9. Dalam kaitan dengan fungsi management dalam bisnis asuransi, uraikan 3 management style dan karakteristiknya
Jawaban :
1) Open Door, Manager dapat ditemui oleh staf setiap saat
2) Utocratic, Pengawasan dan kemampuan kecil dilakukan oleh individu . Seperti Chief Excecutive
3) Paternalistic, Perusahaan melihat seperti ketika karyawan bekerja seperti cara kebapakan, karyawan patuh kepada Manager perusahaan , seperti seorang anak patuh kepada orang tuanya
4) Militaristic / Hierarchical, Manajemen dibentuk dengan cara formal dengan batasan pekerjaan yang jelas
5) Democratic / Consultative, Keputusan diambil dari referensi banyak Staf yang positif sebelumnya .
 

 
10. Dalam kaitan dengan fungsi manajemen keuangan, uraikan 3 jenis aktivitas yang menjadi sumber cash flow perusahaan
Jawaban :
1. Operating Cash Flow (OCF) / Aktivitas operasional
Operating Cash Flow adalah kas yang timbul dari kegiatan operasional perusahaan yang berkaitan dengan penerimaan, pengeluaran, pendapatan dan biaya-biaya. Kas inilah yang menggambarkan bagaimana perusahaan mendapatkan profit dan mengubahnya menjadi kas. Contoh: penjualan tunai, uang muka, hutang lancar, pembelian inventori, pembayaran biaya operasional (listrik, telepon, air), pengiriman barang, gaji pegawai dan lain-lain.
Jika OCF positif (+) artinya perusahaan sehat, jika negatif (-) artinya perusahaan sakit atau bleeding.
 
2. Investing Cash Flow (ICF) / Aktivitas investasi
Investing Cash Flow adalah kas yang muncul dari kegiatan investasi atau yang berkaitan dengan jual-beli aset. Contoh: jual-beli property perusahaan, jual-beli saham perusahaan lain, reksadana, deposito, emas dan-lain-lain.
 
Jika ICF positf (+) artinya uang masuk ke perusahaan. Jika ICF negatif (-) artinya uang keluar dari perusahaan. ICF yang positif terus-menerus justru sebetulnya kurang baik sebab itu artinya pemegang saham/owner harus terus menyetor modal untuk membiayai perusahaan. ICF negatif (-)  terus menerus justru bagus sebab artinya perusahaan menghasilkan uang untuk para pemegang saham.
 
3. Financing Cash Flow (FCF) / Aktivitas keuangan
Financing Cash Flow adalah kas yang muncul dari kegiatan hutang dari pihak lain. Contohnya pinjaman dari bank, pinjaman dari rentenir, pinjaman dari koperasi, dan pembayaran pokok hutang-hutang tersebut.
 
Financing Cash Flow dikatakan positif jika menerima hutang dan negatif jika membayar hutang. Namun Financing Cash Flow dikatakan baik jika menimbulkan dampak OCF yang positif, artinya uang yang masuk dari hutang menimbulkan peningkatan pendapatan. Sehingga perusahaan bisa membayar hutangnya.
 
Sebaliknya, jika OCF negatif, artinya berbahaya sebab uang yang masuk tidak menimbulkan keuntungan. Sehingga perusahaan belum bisa membayar hutangnya.
 
11. Dalam kaitannya dengan manajement pemasaran, uraikan yang dimaksud dengan marketing mix.
Jawaban :
l Merupakan issue sentral dari konsep marketing
l Adalah kombinasi dari beberapa variable marketing yang dapat dikendalikan, yang digunakan untuk melaksanakan strategy marketing dalam pencapaian tujuan perusahaan pada target market tertentu.
Elemen marketing mix adalah
 
1) Product : produk atau jasa yang ditawarkan
2) Price : harga dan biaya dibebankan dan syarat-syarat yang berkaitan dengan penjualan
3) Promotion : program komunikasi yang berkaitan dengan pemasaran atas barang dan jasa
4) Place : distribusi dan logistic yang memungkinkan ketersediaan barang atau jasa
5) People : elemen penting dalam produksi dari pelaksanaan pelayanan.
Kwalitas pelayanan sangat ditentukan oleh faktor manusia dengan perilaku yang menunjang, terutama yang memerlukan dengan pelanggan yang intense.
6) Process : prosedur, rutinitas dan kebijakan yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan menentukan persepsi pelanggan terhadap kwalitas pelayanan perusahaan
l Pada awalnya marketing mix hanya terdiri dari Product, Price, Promotion, dan Place, tetapi kemudian ditambahkan People dan Process untuk keperluan industri jasa
 
12. Dalam kaitannya dengan manajement pemasaran, uraikan 2 kategori kebutuhan kegiatan yang merupakan kekuatan dasar dalam menggerakkan manusia dan bisnis
Jawaban :
Kebutuhan dan keinginan
a. Kebutuhan manusia (Biologi dan fisiologi)
b. Kebutuhan perusahaan dan (sasaran, pendanaan, peralatan , supply dan jasa sesuai dengan sasaran perusahaan)
 
13. Dalam kaitannya dengan manajement keuangan, uraikan apa yang dimaksud dengan zero based budgeting
Jawaban :
 
l ZBB mengharuskan manager untuk memulai dari nol (zero), yaitu posisi tidak punya apa-apa untuk setiap butir yang ditetapkan setiap angka yang mereka putuskan diperlukan untuk setiap butir harus dapat dijustifikasi.
l Umumnya diterpakan pada pembiayaan area yang individual dan self-contained seperti riset, perawatan mesin atau jasa hukum
l Ditetapkan oleh manajemen puncak
 
14. Berkaitan dengan konsep dasar dan prinsip akuntansi, uraikan 2 kategori current liability
Jawaban :
a. Bank overdraft : disini harus dibayar dalam 12 bulan. Bank umumnya mempunyai hak untuk mencairkan dengan pemberitahuan 24 jam sebelumnya.
b. Trade creditors : sebagian besar bisnis mempunyai kredit perdagangan dalam neracanya sebagai currenct liability. Hal ini terjadi bila mereka telah mempunyai kerjasama baik dengan supplier namun mereka belum dapat membayar invoice dari supplier.
 
15. Dalam kaitan jenis perusahaan asruansi, uraikan apa yang dimaksud captive insurance company
Jawaban :
 
Captive insurance merupakan metode transfer risiko yang dapat menghemat pajak yang semakin banyak digunakan oleh perusahaan yang besar. Perusahaan induk membentuk anak perusahaan untuk menjadi penanggung risiko yang dapat dipertanggungkan.
Keuntungan dari Captive insurance adalah perusahaan dapat membayar premi sesuai tingkat risiko dan performance dari perusahaan itu sendiri dan tidak harus membayar biaya ’overhead’ perusahaan asuransi serta dapat membayar premi yang lebih murah karena dapat secara langsung membeli proteksi reasuransi
 
16. Dalam kaitan dengan akuntansi keuangan, uraikan 4 laporan keuangan sesuai IFRS
Jawaban :
 
IFRS merupakan standar akuntansi internasional yang diterbitkan oleh International Accounting Standard Board (IASB).
Laporan keuangan IFRS terdiri dari:
1. A balance sheet, yaitu potret asset dan kewajiban perusahaan pada tanggal tertentu
2. Income statement, laporan yang menunjukkan berapa keuntungan atau kerugian yang dialami oleh perusahaan pada tahun sebelumnya
3. A cash flow statetment, laporan yang memuat keluar masuknya dana yang terjadi sepanjang tahun pada tahun sebelumya. Juga menunjukkan net cash flow untuk tahun tersebut.
4. Notes (catatan), termasuk rangkuman dari kebijakan akuntansi yang signifikan..
 
17. Dalam kaitan dengan fungsi SDM, uraikan 3 komponen manpower planning
Jawaban :
 
1. Supply ( tersedianya sumber daya yang dibutuhkan )
2. Demand (adanya kebutuhan sumber daya)
3. Time ( waktu yang diperlukan untuk mengisi kebutuhan sumber daya).
 
18. Dalam kaitan dengan manajemen pemasaran, uraikan 4 sumber data eksternal yang digunakan perusahaan dalam proses riset pasar
Jawaban :
 
Data eksternal dapat diperoleh dari lingkungan diluar perusahaan
Beberapa data eksternal juga akan tersedia, biasanya dalam bentuk suatu industri atau survei sektor-lebar oleh organisasi lain seperti:
­ departemen pemerintah;
­ asosiasi perdagangan;
­ peneliti komersial;
­ publikasi perdagangan.
 
 
19. Dalam kaitan dengan manajemen dalam bisnis asuransi, sebutkan 5 tanggung jawab BOD  
Jawaban :
 
1. Memastikan Executive Director dan senior management menjalankan kepentingan Shareholder dan melaksanakan bisnis sesuai peraturan pemerintah
2. Menyetujui laporan perusahaan dan akuntansi, annual budget, strategi dan other important plan.
3. Selecting, appraising,rewarding CEO dan memastikan succession planning.
4. Melihat proses analisa risiko dan memastikan tindakan mitigasi terhadap risiko .
5. Memastikan perusahaan terintegrasi dengan prinsip – prinsip dengan baik Seperti Akurasi laporan keuangan, pemenuhan legal dan regulasi serta dengan peraturan etika standard perusahaan
 
20. kaitannya dengan tipe penjual asuransi, apa yang dimaksud dengan aggregators
Jawaban :
 
Aggregator asuransi adalah situs web yang digunakan untuk mendapatkan penawaran asuransi. Aggregator akan memiliki beberapa jenis penawaran dalam website mereka agar pelanggan dapat mengisi dan mendapatkan perkiraan tentang berapa biaya asuransinya.
 
Meskipun aggregator tidak mengeluarkan polis, ini adalah alat yang berguna untuk membantu pelanggan berbelanja di pasar dan membantu mereka untuk mengumpulkan informasi pelanggan potensial.

No comments:

Post a Comment