SUGGESTED ANSWER
(22 MARET 2006 )
BAGIAN I
1. Uraikan apa yang dimaksud dengan SWOT Analysis :
Jawaban yang disarankan :
- Suatu alat yang efektif dalam perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan
- Analisa dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman bagi perusahaan
2. Setiap perusahaan memiliki Budaya Perusahaan (Corporate Culture) yang berbeda. Uraikan 3 (tiga) aspek yang membentuk Budaya Perusahaan.
Jawaban yang disarankan :
Adalah gaya pengelolaan perusahaan yang membentuk iklim di dalam perusahaan tersebut. Secara sederhana dapat dikatakan sebagai ‘the way we do things around here’.
3 Aspek yang membentuk Budaya Perusahaan
- Norma : berupa perilaku yang paling dapat diterima dalam perusahaan, seperti pendekatan dalam pemecahan masalah, standar kerja, standar berpakaian.
- Keyakinan dan Nilai : berupa hal-hal yang diyakini sebagai patut atau tidak patut dilakukan, seperti ‘masukan dari setiap karyawan dihargai’, ‘tidak melakukan percobaan pada binatang’, ‘tidak mendramatisir suatu krisis’..
- Gaya Manajemen : berupa perilaku para manager, seperti ‘open door’, demokratis, paternalistik.
3. Uraikan 6 (enam) fase Perencanaan.
Jawaban yang disarankan :
- Analisa, pada tahap pertama ini, dilakukan analisa mengenai apa yang akan dicapai, mengapa hal itu ingin dicapai, berapa kemungkinan pencapaiannya dan kapan perlu dicapai
- Evaluasi Pilihan,Pada tahap ini dilakukan evaluasi mengenai bagaimana tujuan secara keseluruhan dapat dicapai dari beberapa pilihan yang dimungkinkan
- Definisi Sasaran (Goals),Sasaran-sasaran tertentu harus didefinisikan, yang secara bersama-sama akan mewujudkan tercapainya tujuan secara keseluruhan
- Alokasi Sumber Daya,Atas sasaran yang sudah diformulasikan, maka harus diputuskan pemanfaatan sumber daya dalam merealisasikan sasaran-sasaran tersebut. Sumber daya ini dapat berupa tenaga kerja, ruang kantor, peralatan, dll.
- Jadwal,Penentuan tenggat waktu pencapaian sasaran adalah penting
- Evaluasi Keberhasilan,Terakhir, dilakukan evaluasi atas hasil yang dicapai berdasarkan ukuran dan standar yang jelas, sehingga dapat mudah diketahui apabila sasaran telah tercapai.
4. Penyelenggaraan rapat yang efektif diperlukan agenda rapat. Sebutkan 6 (enam) hal yang biasanya terkandung dalam suatu agenda rapat.
Jawaban yang disarankan :
- Yang hadir dan tidak hadir
- Risalah rapat sebelumnya yang memerlukan tindak lanjut
- Kesimpulan rapat sebelumnya
- Hal-hal rutin untuk dipertimbangkan
- Hal-hal baru untuk dipertimbangkan
- Hal-hal yang ingin disampaikan manajemen
- Laporan dari komite khusus atau gugus kerja
- Hal-hal lain
- Tanggal rapat berikutnya.
5. Uraikan apa yang dimaksud dengan Persamaan Akuntansi (Accounting Equation).
Jawaban yang disarankan :
- Merupakan suatu hubungan korelasi mengenai bagaimana suatu harta (assets) didanai
- Dirumuskan dalam persamaan: Assets = capital + liability
- Persamaan ini harus selalu seimbang (balance)
6. Uraikan tujuan penyusunan suatu Anggaran (Budgeting).
Jawaban yang disarankan :
- Suatu alat yang memungkinkan perencanaan keuangan secara kwantitatif untuk suatu periode akuntansi, biasanya 12 bualan
- Meliputi prediksi penerimaan dan pengeluaran pada 12 bulan ke depan, biasanya secara rinci bulan perbulan, yang berkaitan dengan pencapaian sasaran tertentu.
- Bermanfaat supaya pencapaian sasaran terarah dan semua usaha terfokus pada sasaran yang akan dicapai.
7. Motifasi merupakan hal penting dalam produktivitas dan kinerja karyawan. Uraikan apa yang dimaksud dengan Motivasi.
Jawaban yang disarankan :
- Merupakan suatu rangkaian faktor yang mendorong kita untuk melakukan hal tertentu atau sebaliknya menarik kita dari perilaku tertentu.
- Meliputi 3 komponen :
1. Direction - apa yang ingin dilakukan seseorang
2. Effort - seberapa kuat usaha untuk melakukannya
3. Persistence - seberapa lama upaya untuk terus mencoba melakukannya.
8. Dalam presentasi laporan keuangan sering digunakan Pie Chart. Uraikan apa yang dimaksud dengan Pie Chart dan berikan illustrasi.
Jawaban yang disarankan :
- Merupakan suatu cara presentasi dengan menggunakan diagram
- Keseluruhan data digambarkan sebagai lingkaran
- Contoh :
Total Assets : Rp. 100 milyar
BAGIAN II
9. Jelaskan 6 (enam) prinsip utama sebuah bisnis.
Jawaban yang disarankan :
1. Innovation, Berkaitan dengan pengembangan ide bisnis baru : produk, proses, metode pemasaran, organisasi dan managemen Fungsi ini tidak dapat di out-source
2. Production, Berkaitan dengan aktivitas pembuatan barang dan jasa melalui penggabungan berbagai sumber daya, termasuk bahan, tenaga kerja, keuangan dan rencana Fungsi ini dapat di out-source
3. Marketing, Aktivitas yang berkaitan langsung dengan hubungan antara bisnis dan pelanggan ,Termasuk kegiatan penelitian pasar dan pemanfaatan informasi dalam pengembangan produk atau jasa, penentuan harga, promosi dan memastikan produk mencapai pelanggan Sebagian atau seluruhnya dari fungsi ini dapat di out-source
4. Human Resource Management, Berkaitan dengan perencanaan, perolehan, pengembangan, organisasi, utilisasi dan imbalan kepada sumber daya manusia Aspek yang penting dari fungsi ni adalah pengelolaan konflik melalui aktivitas hubungan industrial yang efektif
5. Recruitment dan training sering di out-source ke perusahaan lain
6. Finance and Accunting,Finance berkaitan dengan pengadaan dan pengelolaan dana . Accounting berkaitan dengan pengadaan informasi, sehingga memungkinkan kedua aspek dari fungsi ini dapat berjalan
7. Compliance with regulation, Fungsi untuk memastikan kepatuhan kepada peraturan pemerintah dan persyaratan yang harus dipenuhi
10. Didalam akuntansi kita mengenal istilah depresiasi.
a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan depresiasi
b. Berikan contoh penerapan metode depresiasi straight line
Jawaban yang disarankan :
a. Depresiasi
- suatu cara untuk mengalokasikan pembebanan biaya yang mempunyai masa guna lebih dari satu periode, biasanya berkaitan dengan biaya asset seperti peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang atau jasa
- penggunaan asset ini akan menyebabkan nilainya berkurang dari waktu ke waktu, dan pengurangan nilai ini yang disebut depresiasi
- Pembebanan biaya dengan metode depresiasi berbeda dengan pembebanan biaya dengan metode tunai
b. Metode Depresiasi
- Biaya depresiasi disebarkan secara rata ke seluruh masa guna dari suatu asset
- Contoh :
Nilai asset Rp. 5.500.000
Masa guna 5 tahun
Depresiasi per tahun menjadi :
Rp. 5.500.000,- = Rp. 1.100.00 / tahun 5
11. Jelaskan 5 (lima) manfaat Anggaran.
Jawaban yang disarankan :
1. Persatuan Upaya : Anggaran menyatukan upaya dari semua karyawan di dalam suatu organisasi perusahaan. Misalnya, anggaran dapat memperlihatkan apakah jumlah produk yang menurut bagian penjualan dapat terjual dapat diproduksikan oleh bagian produksi dalam periode yang diminta
2. Perencanaan : Anggaran mendorong dilakukannya Perencanaan. Tanpa memperkirakan arah yang akan ditempuh, sulit bagi manager untuk menentukan sumber daya apa yang mereka butuhkan
3. Motivasi : Anggaran meningkatkan motivasi karena setiap orang di dalam perusahaan mempunyai target untuk dicapai atau dilampaui.
4. Penelitian : Membuktikan bahwa produktivitas dan kinerja pekerja akan lebih rendah tanpa insentif semacam ini sehingga perusahaan akan kalah bersaing
5. Kontrol : Anggaran memberikan suatu patokan untuk mengukur pencapaian yang sesungguhnya terhadap pencapaian yang diperkirakan. Tanpa anggaran, tidak akan ada suatu standar yang dapat dijadikan acuan bagaimana pencapaian dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun.
12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Marketing Mix.
Jawaban yang disarankan :
- Merupakan issue sentral dari konsep marketing
- Adalah kombinasi dari beberapa variable marketing yang dapt dikendalikan, yang digunakan untuk melaksanakan strategy marketing dalam pencapaian tujuan perusahaan pada target market tertentu.
- Elemen marketing mix adalah :
Product : produk atau jasa yang ditawarkan
Price : harga dan biaya dibebankan dan syarat-syarat yang berkaitan dengan penjualan
Promotion : program komunikasi yang berkaitan dengan pemasaran atas barang dan jasa
Place : distribusi dan logistic yang memungkinkan ketersediaan barang atau jasa
People : elemen penting dalam produksi dari pelaksanaan pelayanan. Kwalitas pelayanan sangat ditentukan oleh faktor manusia dengan perilaku yang menunjang, terutama yang memerlukan dengan pelanggan yang intense.
Process : prosedur, rutinitas dan kebijakan yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan menentukan persepsi pelanggan terhadap kwalitas pelayanan perusahaan
- Pada awalnya marketing mix hanya terdiri dari Product, Price, Promotion, dan Place, tetapi kemudian ditambahkan People dan Process untuk keperluan industri jasa
13. Dalam proses penerimaan karyawan (recruitment), jelaskan 6 (enam) cara yang bisa digunakan dalam melakukan penilaian.
Jawaban yang disarankan :
1. Interview
- Adalah yang paling umum digunakan
- Bisa tidak akurat karena informasi yang keliru
- Banyak tergantung kepada keahlian dari pewawancara
- Relatif lebih murah
2. References
- Sering digunakan karena mudah dilakukan dan relative murah
- Seringkali kurang dapat diandalkan, karena banya sisi-sisi penting yang tidak tercermin dari suatu referensi
3. Personality Tests
- Tidak dapat diandalkan karena pelamar dapat secara konsisten memberikan jawaban yang tidak benar
- Pemakaiannya terbatas untuk posisi tertentu
4. Intelligence Tests
- Mengukur kemampuan tertentu seperti mechanical, numerical dan verbal serta IQ
- Berbeda dengan personality tests, test in kurang mengandalkan kepada kejujuran
- Pemakaiannya juga terbatas untuk posisi tertentu
5. Simulation
- Dalam suatu simulasi yang mirip dengan pekerjaan yang sebenarnya, dievaluasi kemampuan calon dalam menghadapinya, termasuk dalam diskusi kelompok, kreativitas dan pemecahan masalah
- Agak sulit pelaksanaannya dan mahal
- Biasanya untuk posisi managerial
6. Assessment Centres
- Assessment centres mengkhususkan diri dalam proses perekrutan dengan menggunakan semua alat penilaian yang tersedia
- Penggunaan berbagai metode penilaian diharapkan dapat menghasilkan pilihan yang tepat
- Mahal dan sesuai untuk posisi managerial.
14. Bedakan istilah-istilah keuangan berikut ini, beserta contohnya.
a. Harta (Assets) dan Kewajiban (Liabilities)
b. Kewajiban Lancar (Current Liabilities) dan Kewajiban Tetap (Fixed Liabilities)
c. Kreditor (Creditor) dan Debitor (Debtor)
Jawaban yang disarankan :
a. Harta dan Kewajiban
Harta : Harta yang berbentuk fisik atau hak yang memilki nilai uang dan dimiliki oleh suatu organisai. Dapat berupa Harta Lancar atau Harta Tetap, dan juga dapat berupa Tangible Asset atau Intangible Asset
Kewajiban : Hutang yang dimiliki suatu organisasi dapat berupa Current Liability atau Fixed Liability
b. Kewajiban Lancar dan Kewajiban Tetap
Kewajiab Lancar : hutang jangka pendek, biasanya harus dilunasi dalam waktu kurang dari satu tahun, misalnya, gaji, pajak, bunga.
Kewajiban Tetap : hutang jangaka panjang, biasanya masa pelunasannya lebih dari satu tahun, seperti hipotik
c. Kreditor dan Debitor
Kreditor : adalah seseorang atau organisasi yang memberikan pinjaman
Debitor : adalah orang atau organisasi yang berhutang kepada orang lain atau organisasi lain.
No comments:
Post a Comment