..

KARAKTERISTIK DARI MANAGER

Managemen suatu organisasi dijalankan oleh banyak manager berdasarkan tingkatannya yang dibedakan ke dalam tiga tingkat atau jenjang (level) kedudukannya: 


1. Top level manager / Manager tingkat atas, Tekanan pada keahlian “konseptual”, sedikit saja tentang keakhlian teknikal, dan cukup tentang keakhlian kemanusiaan. 

2. Middle level manager / Manager tingkat menengah, Tekanan yang seimbang antara keakhlian konseptual, teknikal dan kemanusiaan. 

3. Low level manager / Supervisory manager / Manager tingkat bawah, Tekanan lebih banyak keakhlian teknikal, sedikit keakhlian konseptual, dan cukup dalam keakhlian kemanusiaan. 

Selain melaksanakan fungsi-fungsi manajemen menurut bidangnya, Stoner (1978) mengatakan , bahwa manager juga melakukan kegiatan-kegiatan : 

1. Mengambil tanggung jawab jawab atas kegiatan-kegiatan yang ia lakukan dan yang dilakukan oleh bawahannya. 
2. Membuat keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bersaingan. 
3. Membuat konsep-konsep pemikiran. 
4. Bekerja melalui dan bersama orang lain 
5. Menjadi mediator jika terjadi perselisihan. 
6. Melakukan kegiatan seperti seorang politikus dan diplomat. 
7. Mengambil keputusan 

Dari kegiatan-kegiatan manager di atas, maka manager dikelompokkan berdasarkan dikelompokan atas tiga peran, yaitu:

1. Peran Interpersonal / antar pribadi, manager sebagai : a). Tokoh / Sosok yang melakukan tugas seremonial seperti peresmian, dll.; b). Pemimpin, misalnya mengangkat pegawai, memotivasinya dan melatihnya; c). Laison officer / penghubung, yaitu menjalin hubungan dengan orang lain yang bukan bawahannya atau atasannya, misalnya suppliers dan customer. 

2. Peran Informasional. Pengupulan dan penyebaran informasi terutama untuk pengambilan keputusan. Peran ini meliputi peran pemantau, penyebar, dan jurubicara. 

3. Peran Decision Maker / pengambilan keputusan. Peran ini meliputi: kewiraswastaan, pereda gangguan yang timbul, pengalokasi sumberdaya, dan sebagai negosiator. 

Keterampilan-keterampilan managerial yang dibutuhkan oleh seorang manager yang efektif adalah sebagai berikut : 

1. Conceptual skill / Keterampilan konseptual, adalah kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. Mencakup kemampuan melihat organisasi secara menyeluruh sebagai suatu sistem, dan menginterpretasikan serta menganalisis segala informasi yang berkaitan dari berbagai macam sumber. 

2. Human skill / Keterampilan lemanusiaan, kemampuan untuk bekerja dengan memahami, dan memotivasi orang lain baik sebagai individu maupun kelompok. Dengan kemampuan ini manager akan memperoleh partisipasi dan mengarahkan kelompoknya dalam mencapai tujuan. 

3. Administrative skill / Keterampilan administratif, keterampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganiosasian, penyusunan pegawai dan pengendalian. Mencakup mengikuti maupun menyusun prosedur, mengelola anggaran terbatas. Manager melaksanakan keputusan-keputusan melalui penggunaan keterampilan adminstratif dan kemanusiaan. 

4. Technical skill / Keterampilan teknik, kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur, atau teknik-teknik dari suatu bidang tertentu, seperti akuntansi, produksi, permesinan, advertensi dsb. 

Setiap keterampilan harus dimiliki oleh setiap manager, namun untuk tingkatan manajemen yang berbeda akan berbeda pula proporsi masing-masing kebutuhan akan keterampilan-keterampilan tersebut. Top level manager lebih membutuhkan ketrampilan konsepsual ketimbang Low level manager yang membutuhkan keterampilan teknis.

No comments:

Post a Comment