..

Elemen Taman Jepang

Walaupun teknologi bertambah maju, lahan berkurang, tapi rumah-rumah modern Jepang selalu menempatkan taman walaupun kecil atau hanya berupa taman kering (karresansui) maupun tanaman – tanaman kecil dalam pot (bonsai) sebagai suatu tradisi dan budaya yang tetap dipertahankan termasuk filosofi-filosofi pada setiap elemen tamannya. 

Tanaman yang digunakan berukuran kecil, pendek dan ramping dan berisikan 2-3 pohon. Ukuran taman Jepang lebih kecil disebabkan oleh perkembangan penduduk sehingga lahan lebih terbatas.

Batuan,air, pasir dan pepohonan merupakan unsur atau materi yang sangat penting dalam taman Jepang. Hal ini disebabkan karena unsur-unsur tersebut memiliki vilisofis dan karakter yang berlainan. Warna yang alamipun ternyata sangat menentukan (hitamnya batu, putihnya pasir, hijaunya pepohinan dan sebagainya) merupakan sesuatu yang penting dalam membuat komposisi yang baik.

Batuan dalam taman Jepang memiliki karakter atau sifat yang keras dan kokoh. Penyusunan batu pun memiliki aturan, pertama diletakan batu yang paling penting (batuan yang lebih besar), kemudian batu berikutnya (lebih ikecil) , yang memiliki keselarasan . 

Pengaturan batu-batu pijakan dibuat secara artistik dan praktis sehingga para tamu tidak menginjak rumput ketika menuju rumah. Batu yang dikelilingi pasir mencerminkan pulau ditengah lautan. Pasir putih dan bebatuan biasanya digunakan pada taman kering (karresansui)

No comments:

Post a Comment