..

Fasade (Dinding) Arsitektur Jepang

FILOSOFI :
Fasade atau wajah pada arsitektur Jepang, tampak depan bangunan merupakan media perantara antara ruang luar dan ruang dalam yang membentuk karakter tertentu , selain itu juga merupakan wujud dari hubungan antara kesan visual luar bangunan dengan fungsi bangunan tersebut. Dinding merupakan wujud dari hubungan antara kesan visual luar bangunan dengan fungsi bangunan tersebut .Dinding merupakan wujud bidang dalam penampilannya dapat berbentuk horisontal maupun vertikal dan biasanya dinding bersifat fleksibel yang mudah dapat dipindahkan. 

KONSEP : 
Dinding pada arsitektur Jepang terbuat dari material yang berasal dari alam seperti kayu dan kertas shoji Supaya lebih menarik biasanya diberi tekstur, warna maupun ornamen atau detail tertentu.


  • Mulai berkembangnya material selain kayu dan kertas shoji, seperti dipakainya material kaca, Corrugated steel, kramik dll.
  • Prinsip desain material yang dipakai sesuai dengan iklim empat musimnya dan bersifat ringan dengan konsep simplicity yang masih dipertahankan.
  • Mulai dipakainya dinding dengan meterial yang lebih kokoh ( sebagai aspek keamanan). Seperti dinding bata yang diplester.

No comments:

Post a Comment